Top Pages

Kamis, 10 Desember 2020

Hindari Serangan Jamur pada Saluran Pencernaan dalam 4 Metode

Hindari Serangan Jamur pada Saluran Pencernaan dalam 4 Metode


Cara Menghindari Serangan Jamur pada Saluran Pencernaan dengan 4 Cara - Infeksi jamur pada saluran pencernaan merupakan salah satu penyebab gangguan pencernaan yang cukup sering terjadi. Jenis jamur yang paling umum ditemukan pada kondisi ini adalah kandida. Itu sebabnya, mencegah diri Anda dari kontaminasi jamur candida sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Bagaimana caranya?

Tips mencegah infeksi jamur pada sistem pencernaan
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, candida merupakan salah satu jenis jamur yang sering menyerang sistem pencernaan manusia. Candida biasanya hidup di mulut, tenggorokan, usus, dan organ pencernaan lainnya tanpa menimbulkan masalah.

Namun, jika pertumbuhan candida lebih dari biasanya, atau daya tahan tubuh sedang menurun, dapat terjadi infeksi jamur pada saluran pencernaan.

Tentu ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pertumbuhan candida yang berlebihan di organ pencernaan Anda, di antaranya:

1. Menjaga kesehatan mulut

Menurut CDC , salah satu cara mencegah infeksi jamur pencernaan adalah dengan menjaga kesehatan mulut Anda.

Mulut merupakan organ pencernaan yang merupakan pintu gerbang menuju tubuh Anda. Di sinilah mikroorganisme berbahaya bisa masuk.

Untuk itu, yang perlu Anda lakukan antara lain:

  • Cek kesehatan mulut secara rutin.
  • Mengurangi minum soda karena kandungan asam fosfat dan asam sitrat di dalamnya dapat menyebabkan karang gigi dan merusak enamel gigi.
  • Gosok gigi 2 kali sehari dan jangan gunakan sikat gigi yang sama dengan yang lain.
  • Cuci tangan sebelum menyentuh wajah, terutama bagian mulut.

2. Mengikuti diet rendah karbohidrat

Selain menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi, Anda bisa mengikuti diet rendah karbohidrat agar infeksi jamur tidak terjadi pada sistem pencernaan Anda. Ini karena makanan dengan karbohidrat tinggi justru membuat jamur cepat tumbuh.

Hindari makanan seperti manisan, alkohol, dan makanan yang mengandung tepung (karena juga tinggi karbohidrat) sehingga membantu mengurangi pertumbuhan jamur.

Jika Anda bingung harus mulai dari mana, tanyakan kepada ahli gizi atau dokter Anda sebelum mencoba memulai diet jenis ini.

3. Konsumsi makanan probiotik

Bakteri baik bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan Anda. Untuk mendapatkan bakteri baik, Anda bisa mengonsumsi makanan probiotik, seperti yogurt.

Bakteri baik yang terkandung dalam makanan yang mengandung probiotik dapat menekan pertumbuhan jamur candida, sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi jamur pada saluran pencernaan.

Namun, usahakan untuk menghindari makan yogurt yang mengandung pemanis buatan karena hanya akan memperburuk keadaan dan mempercepat pertumbuhan jamur candida.

4. Perbanyak porsi sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Tidak hanya itu, sayuran hijau biasanya juga tidak terlalu banyak mengandung karbohidrat sehingga baik untuk menekan pertumbuhan jamur.

Selain itu, kandungan vitamin dan zat besi pada sayuran, seperti brokoli dan bayam, juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu Anda mencegah infeksi jamur.

Kunci utama pencegahan infeksi jamur pada saluran pencernaan adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan memperhatikan asupan makanan. Dengan mengonsumsi makanan sehat, tubuh Anda juga akan mendapat asupan yang sehat sehingga terhindar dari masalah tersebut.

Posting Lebih Baru Posting Lama