Top Pages

Senin, 07 Desember 2020

10 Strategi Menjaga Kesehatan Tubuh agar Kebal dari Penyakit


10 Strategi Menjaga Kesehatan Tubuh agar Kebal dari Penyakit

10 Strategi Menjaga Tubuh Sehat Agar Kebal dari Penyakit - Siapa yang ingin mendapat serangan? Tentu saja tidak ada. Ya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk melindunginya. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang wajib Anda lakukan.

Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit

1. Makan sayuran hijau
Sayuran hijau dan berdaun kaya vitamin yang membantu Anda menjaga pola makan seimbang dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Menurut sebuah percobaan pada tikus, makan sayuran criciferous, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis, dapat membantu mengirimkan sinyal kimiawi ke tubuh yang meningkatkan protein pada permukaan sel yang dibutuhkan untuk membuat sistem kekebalan bekerja lebih optimal.

Dalam penelitian ini, tikus sehat yang tidak mengonsumsi sayuran hijau mengalami penurunan protein permukaan sel sebesar 70-80 persen.

2. Konsumsi vitamin D
Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung, dan sistem kekebalan yang lemah.

Makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik antara lain kuning telur, jamur, salmon, tuna, dan hati sapi. Anda juga bisa membeli suplemen vitamin D dan memilih yang mengandung D3 (cholecalciferol), karena ini bagus dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah Anda.

Namun sebelum mengonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan hal ini ke dokter Anda.

3. Olahraga teratur

Tetap aktif dengan berolahraga secara teratur. Anda bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti jalan kaki. Olahraga teratur bisa membuat Anda bugar dan langsing.

Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga secara teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres, serta memperlancar peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit.

4. Minum teh hijau
Teh hijau telah dikaitkan dengan kesehatan yang baik. Manfaat kesehatan teh hijau mungkin karena tingkat antioksidan yang tinggi, yang disebut flavonoid. Sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler.

Oleh karena itu karena mudah melakukan cara menjaga kesehatan tubuh yang satu ini telah banyak dilakukan.

5. Tidur yang cukup
Tidur yang cukup adalah salah satu kunci sistem kekebalan yang kuat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur setidaknya selama delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuhnya lebih kebal dari virus dan kuman bakteri. Sedangkan orang yang tidur kurang dari 6 jam malam 4 kali lebih mungkin terserang flu akibat virus dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih.

Hal ini disebabkan oleh sitokin yang dikeluarkan tubuh saat tidur lama. Sitokin adalah sejenis protein yang membantu tubuh melawan infeksi dengan meningkatkan sistem kekebalan.

6. Kelola stres Anda
Stres terbukti dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat orang mudah terserang penyakit.

Kortisol membantu melawan peradangan dan penyakit. Pelepasan hormon secara konstan pada orang yang mengalami stres kronis sebenarnya dapat mengurangi kemampuan hormon ini.

Hal tersebut dapat menyebabkan tubuh menjadi meradang dan mudah terserang penyakit. Jadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh yang baik adalah dengan mengendalikan stres. Anda bisa mencoba melakukan yoga atau latihan meditasi untuk mengontrol atau menghilangkan stres.

7. Bersosialisasi dengan orang sekitar
Kesepian sering dikaitkan sebagai pemicu beberapa penyakit, terutama pada orang yang baru pulih dari operasi jantung.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Psychological Association menunjukkan bahwa isolasi sosial dapat meningkatkan stres, yang memperlambat respons kekebalan tubuh dan kemampuan untuk sembuh dengan cepat.

8. Menjaga kebersihan
Cara lain untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Dengan begitu, Anda terhindar dari serangan berbagai penyakit. Berikut beberapa cara menjaga kebersihan dengan baik:

  • Mandi setiap hari.
  • Cuci tangan Anda sebelum makan atau menyiapkan makanan, dan setelah makan.
  • Cuci tangan Anda sebelum memasang lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang membuat Anda terkena mata atau mulut.
  • Cuci tangan Anda selama 20 detik dan gosok di bawah kuku Anda.
  • Tutupi mulut dan hidung Anda dengan tisu saat Anda batuk atau bersin.

9. Coba minum probiotik
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengalami stres yang mendapatkan probiotik, mengalami rasa sakit dalam waktu yang lebih singkat.

10. Hindari alkohol

Penelitian menunjukkan bahwa meminum alkohol dapat merusak sel dendritik, yang merupakan komponen penting dari sistem kekebalan. Seiring waktu, seringnya minum alkohol dapat meningkatkan seseorang melawan infeksi bakteri dan virus.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Vaccine Immunology membandingkan sel dendritik dan respons sistem kekebalan pada tikus yang diberi makan alkohol dan mereka yang tidak minum alkohol.

Alkohol menekan kekebalan pada tikus dalam berbagai tingkat. Dokter mengatakan bahwa penelitian ini membantu menjelaskan mengapa vaksin kurang efektif untuk orang dengan kecanduan alkohol.
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengalami stres yang mendapatkan probiotik, mengalami rasa sakit dalam waktu yang lebih singkat.

Posting Lebih Baru