Top Pages

Senin, 07 Desember 2020

Tips Atur Jadwal Olahraga Walau Anda Sibuk


5 Tips Menetapkan Jadwal Olahraga Rutin Meski Anda Sibuk Setiap Hari

5 Tips Menetapkan Jadwal Olahraga Rutin Meski Anda Sibuk Setiap Hari - Bahkan di tengah kesibukan kerja, penting bagi Anda untuk mengatur jadwal olahraga secara rutin. Tenggat waktu kantormemang bikin kamu stres, kabar baiknya olahraga bisa jadi solusi tepat untuk menyegarkan pikiran. Bagi Anda yang ingin mencari cara untuk tetap berolahraga, simak manfaatnya, dan tipsnya berikut ini.

Manfaat berolahraga di tengah kesibukan
Meskipun Anda sibuk bekerja sepanjang hari dan pulang larut malam, sebaiknya sediakan waktu sesedikit mungkin untuk berolahraga. Olahraga ibarat pereda stres karena efeknya mampu mengubah mood menjadi lebih baik.

Saat berolahraga, terjadi peningkatan produksi endorfin yang dapat mengurangi kecemasan dan stres, sehingga efeknya membuat Anda lebih rileks dan bahagia.

Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk Anda bukan? Apalagi jika Anda sering bekerja di bawah tekanan.

Cara mengatur jadwal olahraga di tengah kesibukan
Meski mengetahui manfaat berolahraga, meski di tengah kesibukan pun terkadang masih sulit menyisihkan waktu untuk melakukan aktivitas yang satu ini.

Namun, jangan khawatir. Anda tetap bisa menjadwalkan olahraga teratur di tengah kesibukan Anda setiap hari. Selain mengumpulkan niat, Anda tentunya perlu melakukan tips-tips berikut dalam mengatur jadwal olahraga.

1. Ubah gaya hidup Anda
Tips pertama ini merupakan langkah awal yang harus Anda lakukan sebelum menetapkan jadwal rutin olahraga. Ya, mengubah gaya hidup agar rencana olahraga bisa berjalan dengan baik.

Anda tentunya membutuhkan energi yang cukup untuk melakukan berbagai aktivitas dan olahraga. Itu sebabnya, Anda perlu memiliki waktu tidur yang teratur, minimal 8 jam setiap hari.

Usahakan tidur pada waktu yang sama setiap hari. Selain itu, kurangi asupan kafein agar tubuh tetap bugar saat bangun di pagi hari.

Menanamkan pikiran positif untuk bisa berolahraga juga bisa membantu meningkatkan motivasi Anda untuk rutin melakukan aktivitas tersebut.

Dengan begitu, Anda lebih siap untuk mengatur jadwal olahraga di tengah kesibukan Anda, baik pagi, sela jam kerja, maupun malam hari.

2. Menggunakan aplikasi olahraga
Strategi cerdas untuk mengatur jadwal olahraga di tengah kesibukan adalah dengan mengunduh aplikasi olahraga. Cara ini bisa dilakukan untuk mencatat dan memantau keberhasilan latihan Anda.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2015 menunjukkan bahwa aplikasi olahraga dapat menarik minat olahraga, sehingga seseorang dapat meningkatkan kemampuan olahraganya melalui fitur-fitur yang tersedia.

Bahkan aplikasi olah raga yang kini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan anda dalam berolahraga. Anda dapat menentukan lokasi yang tepat dan jadwal yang tepat untuk Anda. Anda juga dapat memilih pelatih pribadi dengan mudah melalui aplikasi.

3. Bergabunglah dengan kelas olahraga
Bagi Anda yang lebih suka berolahraga pada malam hari, cobalah untuk mengikuti kelas gym. Setidaknya cara ini membantu Anda berkomitmen dalam mengatur jadwal olahraga di tengah kesibukan Anda.

Olahraga setelah bekerja tentunya menjadi waktu yang tepat untuk melepas stres setelah melalui berbagai aktivitas hari itu.

Saat mengikuti kelas olahraga seseorang akan lebih termotivasi untuk berolahraga, misalnya dengan mengikuti kelas zumba.

Zumba melibatkan gerakan seluruh anggota tubuh dari bahu hingga kaki. Irama musik dan suasana energik di kelas zumba bisa membuat Anda semakin semangat berolahraga.

Selain itu, rutin zumba juga dapat menstabilkan tekanan darah dan melancarkan peredaran darah ke jantung.

Tidak hanya zumba, olahraga lain seperti yoga dan kickboxing juga bermanfaat untuk kebugaran tubuh Anda. Pilihlah olah raga yang paling cocok dan anda nikmati sehingga membuat anda semakin bersemangat untuk mengikutinya.

4. Luangkan waktu olahraga di mana saja
Selalu ada cara untuk mengatur jadwal olahraga Anda, meskipun waktu Anda penuh dengan kesibukan. Salah satunya adalah membiasakan jalan kaki kemana saja.

Latihan sederhana ini bisa Anda lakukan saat berangkat dan pulang kerja atau sedang berada di kantor. Misalnya, Anda bisa menggunakan transportasi umum dan berjalan kaki dari stasiun atau halte bus ke kantor. Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan tangga daripada menggunakan lift.

Jalan kaki 30 menit sehari bisa mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan kekuatan otot Anda. Manfaat tambahan jalan kaki antara lain mengurangi risiko masalah jantung, stroke, dan memperkuat tulang.

5. Olahraga di rumah sambil menonton televisi
Tidak perlu ke gym, Anda bisa melakukan olahraga di rumah, misalnya melakukan lunge sambil menonton televisi.

Caranya cukup mudah. Pertama, rentangkan kaki kanan ke depan dan kaki kiri ke belakang. Tekuk lutut kiri hingga menyentuh lantai dan tekuk kaki kanan hingga membentuk sudut 90 derajat. Lakukan 10 kali dalam 3 set secara bergantian.

Setelah itu Anda bisa melakukan 20 set push up 3 kali, squat 20 kali dalam 3 set, atau mengangkat barbel 3 set dalam 12 repetisi.

Dengan begitu, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam dan menghabiskan waktu di jalan hanya untuk berolahraga. Anda juga bisa menyetel alarm di ponsel sebagai pengingat.

Posting Lebih Baru Posting Lama